Tes Pemantauan – RNA HIV (viral load), Jumlah CD4 dan Banyak Lagi …

RNA HIV (viral load) dan jumlah CD4
Viral load (VL) yaitu mengukur seberapa aktif HIV bereplikasi di dalam tubuh kita. Semakin tinggi viral load, semakin tinggi risiko penularan virus. Terapi ARV yang efektif dapat menekan virus HIV agar tidak bereplikasi. Setelah virus ditekan, jumlah CD4 kita akan meningkat, dan juga tingkat imunitas kita.

Jumlah CD4 adalah ukuran fungsi kekebalan tubuh kita. Jika infeksi HIV dibiarkan tanpa perawatan, itu akan terus menyerang sel CD4 kita dan melemahkan kekebalan kita. Jumlah CD4 orang yang tidak terinfeksi dapat berkisar dari 400 hingga 1.200 sel / mm3. Infeksi oportunistik tertentu akan mulai bermanifestasi ketika jumlah CD4 kami turun hingga di bawah 200.

Viral load dan jumlah CD4 harus diukur pada semua pasien saat memulai perawatan ARV dan juga diulang secara teratur setelah inisiasi ARV. Jumlah CD4 pada awal menginformasikan urgensi untuk memulai ARV dan membantu menentukan kebutuhan untuk menawarkan profilaksis untuk infeksi oportunistik.

Tujuan ARV adalah mempertahankan viral load yang tidak terdeteksi untuk memulihkan fungsi kekebalan. Pemantauan viral load penting untuk membantu doktermu untuk menentukan efektivitas terapi. Risiko penularan virus jauh berkurang dengan penekanan replikasi virus yang berkelanjutan. Pada tahap ini, masih sangat penting untuk melakukan seks yang aman karena HIV dapat ditemukan dalam air mani dan cairan dubur bahkan dengan VL yang tidak terdeteksi dalam darah.

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk gabung di group orang-orang kece 😀

 

 

 

 

 

Gimana, masih ingin tau lebih lanjut tentang treatmen HIV? Klik tautan di bawah ini #SahabatOBS:

Incoming search terms:

  • cd4 tinggi belum tentu viral load dapat ditekan
  • tes cd4 dan vl dimakassar
  • tes tes untuk terapi arv
  • tes virallod di sumenep